Wednesday, January 27, 2010

Heyy, bagi Anda yang Sulit Tidur!

Ini kayaknya masalah baru dalam hidup gw. Terhitung bulan Nopember 2009 gw resmi ngalamin masalah susah tidur dan gw harus rela kalo akhirnya penyakit susah bangun gw ada pasangannya. Komplit lah.

Well, kalo dipikir gimana bisa? Hidup gw selama 20 tahun ini lancar-lancar aja termasuk untuk masalah tidur, err, gw ga bilang masalah bangun loh ya. Kalo ada kelas pembagian bagaimana orang tidur dan bangun, gw masuk di kelas orang yang cepet tidur, susah bangun atau cepet banget tidur, susah banget bangun.

Ah, gw jadi inget awal masa-masa gw tinggal di Brisbane; housemateku, alarmku. Sejuta terimakasih dan kata maaf buat mereka yang selalu bangunin gw abis kebangun sama alarm gw. Dan sekarang sudah ga lagi, karna mereka lagi pada liburan di Jakarta gw udah mulai peka sama 3 alarm yang kerja keras buat bangunin gw. Makasih loh. And you know what? Sebenernya dari masalah kecil kayak gini gw jadi tertarik banget sama satu hal. Gimana bisa 1 alarm bisa ngebangunin temen gw di kamar sebelah tapi gw di kamar sendiri ga bangun? Dan gw jadi penasaran sama bentuk alarm di masa depan yang ga cuma ngebangunin orang pake bunyi, tapi mungkin juga cipratan air atau getokan palu atau yang lainnya jadi orang bener-bener bangun; guaranteed!

Oke, terhitung bulan Januari 2010 masalah susah bangun gw resmi hilang. Jadi masalah gw tinggal 1; susah tidur. Err, susah tidur ini jangan diartiin kalo gw tiap hari susah tidur loh ya. Frekuensinya paling ga 3 kali dalam sebulan, tapi di masa-masa yang parah biasanya bisa kejadian sampe 2 kali seminggu. Huff.

Seperti biasa kalo gw lagi kena masalah, gw pun ngetrack kejadian yang terjadi di deket-deket tanggal yang dituju. Gw pun mengacu pada bulan Nopember tahun lalu. Ternyata, Kawan, di bulan itu, karna emang lagi musim pancaroba, udaranya ga nentu banget. Spring bukan, summer juga belum. Udah mulai panas dengan udara yang sangat lembab dan kadang-kadang anginnya panas banget. Gw pun yang ga punya kipas angin dengan rumah yang ga ada AC ngerasa kepanasan tiap malem. Oke, gw asumsiin jawabannya karna gw kepanasan.

Eh tapinya, abis gw ngembat 2 kipas housemate gw yang lagi di Jakarta, masalah susah tidur gw masih ada aja. Dan saat itu gw yakin kalo akarnya bukan di suhu udara, Kawan, tapi masalah yang lebih mendasar yang ada di tubuh kita masing-masing.

Oke. Gw percaya kalo ada beberapa faktor yang memengaruhi gampang atau tidaknya tidur seseorang. Faktor yang gw percaya banget adalah metabolisme tubuh. Makin lancar metabolisme tubuh kita biasanya makin gampang tidur. Atau kalo ternyata gw salah, kira-kira gini, makin teratur hidup seseorang, makin gampang orang itu untuk tidur. Atau kalo ternyata gw salah lagi, gw udah kagak tau dah.

Gw pun ngetrack lagi ke bulan Nopember 2009. Abis gw cermati kisah hidup gw di Brisbane selama 8 bulanan, gw sadar ternyata kalo itu akumulasi hidup ga teratur dan ga sehat gw. Mulai dari makan, olahraga, istirahat, semuanya seenaknya. Gw inget gw pernah ngejalanin hidup yang teratur banget dan di saat itu gw pun ga punya masalah tidur dan juga bangunnya. Gw pernah ngatur pola dan komposisi makan, olahraga teratur, istirahat juga sempet-sempetnya diatur, yang akibatnya pola tidur dan bangun gw juga sangat teratur. Nah, ini hal yang terpenting yang ternyata gw lupain.

Tapi gw yakin, kalo cara yang gw tulis di atas itu adalah cara jangka panjang yang efeknya jangka panjang pula. Buat cara jangka pendeknya gw baru aja nemuin sesuatu yang cukup mengagetkan, paling ga buat gw. Ternyata, stretching atau peregangan badan itu bisa dikit ngobatin masalah tidur gw loh. Gw ga tau reaksi apa yang terjadi di dalam tubuh, cuman yang pasti gw lebih ngerasa enak buat tidur. Dan, satu hal yang pasti yang ga akan gw lupa, kayak ilmu yang dikasih tau pendiri kung fu, air putih itu sangat bagus buat melancarkan peredaran darah, jadi jangan lupa buat banyak minum air putih juga loh. Yaa, sekalian ngeluarin racun dan lemak, hehe.

Intinya, kalo kalian punya masalah susah tidur dan kalian juga belum bisa jaga pola hidup sehat dan teratur, coba deh stretching bentar dan minum air putih sebelum tidur. Semoga bisa ngebantu buat lebih cepet tidur. Ohiya, yang paling penting, jangan lupa baca doa sebelum tidur. Good luck!

1 Comments:

Blogger Deni Lukmanul Hakim said...

atau pake cara kamu yang satu itu tuh zah, dijamin ampuh 100%!

January 27, 2010 at 6:01 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home