Thursday, January 14, 2010

Siapa Bilang Teri Kacang Merupakan Makanan Tidak Sehat Bergizi?

Itu adalah pertanyaan yang harusnya gw tanya balik ke salah satu pelatih gw waktu beliau ngomong pada waktu makan pagi; Masa makan teri kacang doank, ga sehat banget kamu! Lebih bergizi dikit donk. Ambil gih dagingnya. Dan 3 tahun setelah itu gw tau kalo teri kacang adalah makanan sehat dan bergizi.


Gimana nggak. Teri. WOW. Teri adalah ikan. *emang* Ikan itu hewan berdarah dingin jadi, waktu mereka masuk ke dalam tubuh kita, minyaknya tidak menggumpal. Minyaknya akan cair dan lebih gampang dicerna dan sehat di dalam tubuh dibanding dengan hewan-hewan berdarah panas. Teri juga ikan kecil. *emang* Karna ikan kecil tidak mengandung banyak merkuri seperti kebanyakan ikan besar. Teri juga tinggi kalsium. Tidak seperti susu-susu di pasaran, teri ini lebih tidak berpengawet atau bahan kimia sejenisnya. Karna teri bukan makanan olahan. Get it? =D

Kacang. Ini sumber lemak dan protein nabati yang sehat. Karna dibanding sumber-sumber hewani, jelas sumber nabati jauh lebih bersahabat dengan tubuh kita. Percaya deh, kalo kita butuh makan kacang-kacangan tiap hari, walaupun porsinya ga terlalu banyak.

Nah, ga sehatnya di mana ya? Menurut gw kalo teri kacangnya ada di dalem toples semingguan. Nah, itu dia kali ya. Karna makanan yang kurang segar, atau yang ga langsung dimakan, atau yang udah didiemin terlalu lama, kaya masakan padang dan kebanyakan makanan di warteg, cenderung sudah banyak teroksidasi yang akan merangsang tubuh untuk memroduksi radikal bebas.

Radikal bebas itu tidak sehat, Kawan. Makanya kita beberapa tahun belakangan ini gempar banget dengan green tea karna dia mengandung antioksidan yang bisa tackle radikal bebas di dalam tubuh. Itulah kenapa apel juga sangat bagus untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Makin banyak dan sering makanan yang teroksidasi masuk ke tubuh kita, makin banyak radikal bebas yang diproduksi tubuh. Gitu.

Kesimpulannya, teri kacang itu sangat sehat, bergizi, bersahabat dengan tubuh, dan sangat enak tentunya kalo dikasih sambel, asal ga kelamaan di dalem toples. Hehe.

Dan dalam 3 tahun itu gw tau teri kacang jauh lebih baik, sehat, dan bergizi dibanding sumber lemak dan protein hewani lain.

3 Comments:

Anonymous Leni said...

wah ternyata begitu ya zah..
info yang bermanfaat banget, nih!

thank u zah! :D

January 15, 2010 at 1:44 PM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

yaampyun mbak cuma gitu aja, jangan berlebihan. tapi biar ilmuku dikit yang penting dibagi =)

that's ok love!

January 16, 2010 at 6:53 PM  
Anonymous Anonymous said...

Very nice Info,,,thanks.....

March 31, 2010 at 2:23 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home