Monday, January 18, 2010

Hidayah Itu Harus Dicari walaupun Terkadang Datangnya Tiba-Tiba

Oww, abis 2 kali dihapus, blog ini mencapai postingan ke 100 lagi. Senangnyaa. Di postingan kali ini juga sengaja ga gw sampahin, artinya ga diisi sama curhatan ababil seperti yang gw lakuin di sepanjang 2009. Man! Kalo gw sadar blog gw di taun 2009 itu udah kayak bantar gebang. Naudzubillahimindzalik. Ga lagi deh. Semoga ga ada delete-delete blog lagi dan semoga bisa lebih berguna buat yang baca. Amin. Anyway, selamat membaca =)

Udah cukup jelas bukan dari judulnya? Jangankan duit, dosa aja dicari, masa hidayah nunggu turun dari langit. Hoho. Yang kali ini akan gw bahas bukan hidayah tingkat tinggi kayak solat tahajud tiap malem NO NO! Sederhana aja; pake jilbab. Karna gw akhir-akhir ini melihat beberapa kejadian yang ada hubungannya dengan jilbab, termasuk temen-temen gw yang udah mulai pake jilbab. Gw ga akan membahas sesuatu dengan argumen (baca: tulisan ini bukan argumentatif), tapi gw akan berbagi pengalaman gw sendiri (baca: mungkin lebih ke naratif atau ekspositif) karna you know, I'm not that good at writing such an argumentative manuscript. Caelah.

Merasa disekolahi 11 tahun di sekolah Islam (yak, dari awal pendidikan, gw belajar di sekolah yang belakangnya ada I-nya dari TKI, SDI, sampe SLTPI) gw sadar akan wajibnya seorang muslimah yang baligh untuk make jilbab, bukan yang lain. Walaupun gw bukan dari keluarga yang mbak-mbaknya jilbaban once dia baligh tapi alhamdulillah kalo arisan kebanyakan dari mereka nutup aurat. Bagi gw berjilbab itu biasa banget karna paling ga ada 1 hari di mana kita harus berjilbab. You know, sekolah Islam. Belum lagi kalo ada pengajian entah itu di rumah atau di deket rumah. Pasti gw bakal pake jilbab walaupun dengan model yang kalo ketiup angin copot.

Level up; SD. Ga banyak kemajuan. Paling berjilbab kalo bulan Ramadhan dan kalo dateng ke pengajian-pengajian itu. Ohiya, kalo lebaran juga. Apa lagi ya? Udah kayaknya.

Pas SMP yang lumayan. Kita musti pake jilbab 3 kali seminggu. Senin, Rabu, Jumat. Menantang bukan? Iya banget. Eh tapi kalo SLTPI jaman sekarang mah tiap hari ya pake jilbabnya, haha. Yang melekat di gw; jilbab as a uniform. Karna ya itu, kalo mau olahraga paling juga jadi ga jilbaban, kecuali emang yang berjilbab, rata-rata 2 atau 3 orang per kelas. Kalo mau solat apa lagi. Wudhunya di kamar mandi sebelah kelas dan jilbabnya udah dilipet rapi-rapi bareng mukena yang ditenteng. Tapi nanti harus dipake lagi donk, paling ga sebelum kelas berikutnya dimulai soalnya kalo ga biasanya bapak ibu guru ga mau mulai pelajaran. Nah, kalo lagi di tengah pelajaran tiba-tiba berantakan? Oh, gampang, tinggal buka, mungkin ngerapiin kunciran dulu baru deh rapiin. Well, buka, as in, buka. Kalo kerudungnya segiempat, mungkin dirapiin dulu deh bentuk segitiganya.

Tapi kelas tiga lumayan banget kok, gw inget banget kalo ada acara-acara di luar sekolah beberapa dari kita udah mulai pake jilbab termasuk gw. Mehehe. Bukan cuma itu, Kawan, tapi Selasa dan Kamis gw juga udah mulai berjilbab. Ini karna apa ya? Karna di kelas 3 gw udah mulai baligh dan mulai ada kesadaran untuk make jilbab, bukan yang lain. Walaupun, hanya sebatas seragam. Well, itung-itung latihan berjilbab dari sedini mungkin. Caelah. Tapi rutinitas tetep berjalan, Kawan, pas mau olahraga, pas mau solat, dan pas mbenerinnya. Perfectly nice.

Tapi gw belum mutusin untuk berjilbab juga setelah keluar dari SMP karna apa ya? Belum yakin, belum nyaman dan banyak belum-belum lainnya. Kalo kata orang bijak, make jilbab itu pelan-pelan, kalo buru-buru nanti kebalik. Gw pun membiarkan itu terjadi, let it go, let it flow.

Masuk jaman SMA. Taraa. Ini pertama kali gw bukan di sekolah Islam setelah 11 tahun. Awalnya agak punya masalah sama beberapa peraturan sekolah yang agak ga masuk akal tapi alhamdulillah itu cuma berlangsung di beberapa hari awal aja. Termasuk urusan seragam. Terhitung setelah 3 taun, akhirnya gw pake baju dan rok pendek lagi. Yang perlu ditekenin rok pendek. Eeea! Pas di SMP, hari Selasa Kamis kan ga berjilbab, tapi roknya itu rok panjang. Tapi sekarang gw harus kaya anak SD lagi, di mana gw pake rok pendek. Menurut gw agak gimana ya? Risih sih. Ya sekalian ga mau ngaku kalo betis gw segede paha anak seumuran lainnya. Hehe. Yah, gimana ga, jaman-jaman itu makanan gw lari 5 keliling ring road senayan tiap minggu dengan 1 ring road panjangnya 800m untuk lingkar dalem dan 1200 untuk lingkar luar. Oh tiba-tiba teringat YFT. Maaf lokal, Kawan =)

Kayak yang gw bilang, seragam itu jadi masalah gw, karna entah kenapa di sekolah gw untuk cewe ga dibolehin pake baju pendek dengan rok panjang. Paling ga untuk angkatan 2006 deh. Alesannya katanya ga rapi aja. Aneh deh. Gw sampe ngadep wakil kepala sekolah bidang kesiswaan buat minta izin pake rok panjang dengan baju pendek tapi ga dibolehin. Katanya, ga rapi. Oh no! Ga rapi apa sih? Huhu. Kalo mau pake rok panjang ya sekalian pake jilbab kan gitu? Tapi kan gwnya kagak mau, Bapak. Ah. Emang agak bejat sih, soalnya emang gw ga niat untuk pake jilbab pas SMA, hehe. Tapi rok pendek? Please. Lo ga tau gw serisih itu pake rok pendek. Kan ga semua cewe bisa duduk mingkem, Bapak!

Akhirnya gw nyerah, gw ga dapet izin dari si Bapak Wakil Kepala Sekolah itu setelah beberapa minggu melobi dan akhirnya gw putusin untuk memakai jilbab semenjak itu. Pikir positif aja, gw kan udah ngelaluin 3 tahun di SMP (ga 3 taun juga sih) tapi sekarang bisa lah dipaksain pikirannya kaya pake jilbab di SMP tapi Selasa Kamisnya juga pake. Yak, demi ga pake rok pendek itu, Kawan. Sekalian belajar berjilbab lagi, ya, kalo diitung bisa jadi 6 tahun berjilbab di sekolah. Lagian kalo dipikir, gw juga masih bisa ngejalanin rutinitas gw itu, pas mau solat, pas mau olahraga, dan pas mbenerinnya.

Tapi ternyata, Kawan, image yang udah ketanem di otak gw dari 11 taun di sekolah Islam yaitu dengan bagaimana make jilbab di sekolah sama sekali berbeda dengan kebanyakan orang. Atau cuma gw sendiri yang beda? Itu semua yang jadi jawaban atas kebingungan-kebingungan gw di SMA selama gw menjalani rutinitas yang biasa gw lakuin pas SMP. Ooh itu jawabannya kenapa ibu guru dan beberapa temen gw ngeliatin dengan pandangan agak bingung dengan mulut sedikit nganga pas gw ga berjilbab dari tempat wudhu sampe selesai solat. Ooh itu jawabannya kenapa temen gw agak bingung waktu gw benerin jilbab dengan enaknya di kelas. Ooh itu jawabannya kenapa semua orang yang jilbaban pas olahraga pake jilbab. NICE dan BAGUS, karna ini udah berjalan lebih dari 3 bulan. Seinget gw udah nyaris 1 semester lah gw di sekolah itu.

Gimana ya? Yah gimana? Mau dibuka lagi dan kembali pake baju pendek dan rok pendek? Bisa dirajam kali gw. Mulai saat itu gw pun harus belajar rela berjilbab seperti mbak-mbak berjilbab lainnya di sekolah. Ohiya, di sekolah. Karna prinsip gw tetep teguh; belajar make jilbab dengan berseragam. Walaupun sempet goyah sih, hehe. Bukan cuma menghilangkan rutinitas gw pas SMP tapi gw pun ngikutin acara-acara sekolah juga dengan jilbab. Alhamdulillah banget. Kalo dibilang kemajuan, di sini yang paling signifikan walaupun dalam kehidupan sehari-hari kaya latihan dan jalan-jalan kecuali lebaran, gw masih belum bisa berjilbab.

Mungkin ga sedikit orang yang menyudutkan orang-orang macem gw, yang berjilbab cuma di sekolah, tapi, hellooo, setiap orang ngelakuin sesuatu karna satu alesan, Mbak, Mas. Lo semua ga tau perjuangan gw buat itu. Buat bener-bener ikhlas berjilbab. Kayak lo usaha buat make jilbab aja, Mbak, Mas? Demi Allah, gw ga peduli dengan omongan semua orang karna gw ngerasa ga penting banget dan ga perlu ngejelasin cerita gw dari TK sampe SMP sampe gw ketemu Bapak Wakil Kepala Sekolah itu semua kan. Gw cuma mencari sesuatu, Mbak, Mas. Sesuatu yang udah ada di bayangan gw, sesuatu yang diajarin beberapa tahun di pengajian, kira-kira 11 tahun di sekolah, dan selama hidup di keluarga. Ah. Kalo lo semua tau rasanya.

Dan, gw pun lulus SMA, hore donk! Keputusan berjilbab. Nope. Masih belum juga. Kalo dipikir-pikir kenapa ya? Gw 6 tahun udah berseragam jilbab, which is pasti udah biasa, disuruh pake rok pendek ga mau, terus apa lagi yang kurang pas ya? Dan ternyata itu lah, Kawan, latihan gw. Karate gw. Itu lah dunia kesayangan gw yang bakal jadi ga nyaman kalo gw berjilbab. C'est la vie.

1 tahun berlalu di perkuliahan. Berjilbab? Nope. Aduh bandel banget gw ya? Haha. Gw juga kagak ngarti, Man! Tapi santai aja, gw ga mau ngelakuin satu hal itu terpaksa tapi gw mau ngelakuin itu karna enjoy. Tapi, Kawan, jangan salah, hampir selama 1 tahun itu tiap hari Jumat gw usahain pake jilbab, mengikuti anjuran dari FUKI (Forum Ukhuwah Kajian Islam) Fasilkom. Hehe. Tetep kan judulnya mencari hidayah. Tapi tak kunjung datang. Kita lihat saja.

Sampe saatnya 17 Agustus 2007. Waktu itu ada kumpul pertamanya Mahasiswa Baru Fasilkom 2007 di daerah-daerah Danau UI. Gw salah satu panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fasilkom UI, sebagai staf kesehatan. Kawan, 17 Agustus 2007 itu kebetulan sama dengan hari kemerdekaan kita dan juga hari Jumat. Artinya apa? Gw berjilbab. Oke. Besoknya hari Sabtu, 18 Agustus 2007. Ya iya lah. Nah di hari sabtu itu kebetulan ada liqo spesial. Liqo bareng temen-temen liqo. Ga menjelaskan ya? Haha. Liqonya kebetulan di rumah gw, karna liqo, gw pun berjilbab. Oke. 2 hari berturut nih. Besoknya lagi hari Minggu, 19 Agustus 2007. As usual gw dateng pengajian di deket rumah bareng bapak ibu, otomatis, berjilbab. Setelah 3 hari itu gw mikir, eh kalo besoknya gw berjilbab lucu juga ya, udah 4 hari kayak gini. Hehehe. Dan 20 Agustus 2007 gw pun berjilbab ke kampus, untuk pertama kalinya di hari non-Jumat dan di hari itu pun gw bener-bener ngerasain kalo hari itu hari yang pas. That's it! Hari yang ikhlas untuk ngejalanin hidup gw dengan jilbab.

Gila. Gw mikir gimana akhirnya gw bisa berjilbab di tengah-tengah iseng mikir, lucu juga ya kalo 4 hari gw berjilbab? Bukan di tengah-tengah gw berjilbab pas SMP, atau SMA, atau tiap hari Jumat pas kuliah. Perjalan mencari hidayah bisa dicari di 13 paragraf atas di tulisan ini, tapi tiba-tiba datang di 1 paragraf setelahnya. Who knows? Wallahua'lam. Allah Maha Besar.

5 Comments:

Blogger Mika Halpin said...

wah, kamu ngejelasinnya bagus & seru bgt dek! berbakat jadi penulis nih ;)

January 22, 2010 at 3:11 AM  
Anonymous Anonymous said...

waaaah gw baru tau perjalanannya sepanjang itu, Zah =D

gw kapan yaaa :P

January 22, 2010 at 4:32 AM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

@Mika Halpin:
kamu udah berapa kali bilang ya? haha. iya aku juga jadi kepikiran mau buat beberapa cerpen yang bakal dipost di sini kali ye. thanks anyway =)

@erain:
iya ren, panjang banget! yang gw ceritain waktu kita naik gunung itu blum ada apa-apanya, itu cuma 1 paragraf terkahir hehe. tapi gw yakin naturalnya setiap muslimah pengen berjilbab kok. jadi santay aja, nikmatin aja dulu. nobody knows more but urself =)

January 22, 2010 at 2:05 PM  
Anonymous gaiu said...

waa, gaya ceritanya asik k, bisa nyampein esensi yang penting dengan kocak :) setuju soal hidayah itu, gak ada yang tau kapan ia dateng, jadi harus dicari. dulu juga sempet ngalamin masa-masa bimbang sebelom mantepin niat, keep posting k :)

January 23, 2010 at 12:23 AM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

eh makasih loh dibilang asik, jadi malu =P kalo kamu pernah ngeliat aku ngoceh sendiri yyya kira-kira ini scriptnya =)

iya itu yang aku rasain dan yang paling berat itu pas udah lulus SMA, kenapa belum mau pake juga, aaargh! tapi emang Allah selalu ngasih jalan kalo kita bener-bener ikhtiar sih, I do believe it =)

January 23, 2010 at 11:37 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home