Monday, January 4, 2010

Lebih lebih di 2010 - part II

Bagian kedua ini lebih banyak berisi tentang komposisi makanan yang bakal gw makan.

Pak'e selalu bilang kalo makanan yang dimakan kingdom animalia bisa diliat dari giginya. Herbivora selalu makan yang "ijo-ijo" karna giginya emang khusus dibuat untuk makan tumbuhan dan dedaunan. Gigi-gigi karnivora bentuknya segitiga tajem-tajem emang dikhususin untuk makan daging-dagingan. Konon, penyakit sapi gila yang melanda dikarenakan manusia yang melawan hukum alam, yaitu dengan memberi makanan yang ga selayaknya dimakan oleh herbivora.

Kalo diliat dari susunan gigi dewasa manusia, kita punya 4 pasang gigi seri, 2 pasang gigi taring, 4 pasang geraham depan, dan 6 pasang geraham belakang. Total ada 16 pasang yang berarti 32 buah. Nah, yang tajem-tajem itu cuma 2 pasang gigi taring dan susunan gigi kita kalo gw ga salah inget, sama kayak gigi monyet. *halo oom*

Kalo gigi seri dimasukin ke gigi yang bukan mengunyah daging, jadi perbandingan antara pengunyah daging dan bukan pengunyah daging adalah 1:7. Itu artinya, secara kasar, kira-kira 12.5% untuk makanan daging dan sisanya adalah tumbuh-tumbuhan. Kalo gigi seri ga dimasukin ke mana-mana, jadi perbandingannya 1:5. Itu artinya, secara kasar, kira-kira 20% untuk makanan daging dan sisanya adalah tumbuh-tumbuhan. Ngerti kenapa kalo gigi seri ga dimasukin ke mana-mana? Karena karnivora juga punya gigi seri. Jadi bukan berarti seri itu dimasukan ke golongan bukan pengunyah daging.

Jadi, kata Pak'e, ada baiknya kalo kita mengonsumsi 50% biji-bijian (beras, gandum), 25%-35% sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sisanya adalah hewani atau daging-dagingan. Dengan kata lain gw mulai akan memakan 50% nasi, 25%-35% sayur atau buah atau kacang-kacangan, dan sisanya hewani.

Untuk lauk gw juga lebih menspesifikasi lagi, kayak, gw lebih milih makan ikan dibanding sapi, kambing, atau ayam. Karna, Kawan, ikan itu bersuhu badan dingin, jadi waktu dia masuk ke tubuh kita yang suhunya lebih panas, minyaknya akan menjadi cair di tubuh kita. Beda dengan hewan yang suhunya di atas kita seperti kambing atau sapi yang sekitar 38 derajat, lemaknya akan menggumpal waktu memasukin tubuh kita. Lebih-lebih si ayam yang suhunya bisa sampe 41 derajat.

Kalo mau ideal sih gw lebih milih ikan yang berdaging putih bukan merah, lebih milih ikan yang kecil dibanding ikan yang gede. Tapi kalo dipilih-pilih terus gini gw mau makan apa? Teri doank lagi? Hahaha. Yang pasti gw tau mana yang terbaik buat gw. Dan sebenernya, seimbang itu kuncinya.

Kayaknya itu aja tips-tips sehat di 2010 dari makanan gw. Selamat mencobaa!

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home