Friday, January 8, 2010

az-Zahra Yunus

Kawan, gw pernah berpikir buat ganti nama panjang gw dengan az-Zahra Yunus, tapi sampe sekarang blum kejadian. Jelas, az-Zahra itu nama di belakang pada nama panjang gw --bukan nama belakang atau yang kita biasa sebut dengan surname loh-- dan Yunus adalah nama bokap gw. Tenang aja, gw ga akan ganti nama gw ini sampe ke KK, KTP, SIM, paspor atau dokumen-dokumen lainnya, palingan gw bakal melegalkan ini di Facebook. Hehe.

Kenapa bukan Fatimah? Emm, bukan karna gw ga bangga punya nama Fatimah atau malu punya nama tersebut karna nama itu dijadiin salah satu lagu banyolan betawi, tapi karna gw lebih dulu dikenal dengan nama az-Zahra dan lebih banyak orang yang tau az-Zahra dibanding Fatimah. Kalo mau dihitung, cuma beberapa orang yang manggil gw Fatimah. Jadi, OK, az-Zahra. Lagian penulisannya juga keren, a-nya sengaja dibuat lowercase karna dalam bahasa arab, alif lam syamsiyah itu merupakan penujuk kata benda, bukan bendanya itu sendiri, dan baru kapital di huruf ke 3; Z. Strip juga yang membuat nama ini keren, walaupun gw akui ga ada di akte lahir gw.

Yunus diambil dari nama bapak. Tadinya gw berpikiran kalo surname gw akan menjadi Husein. Nama belakang bokap gw yang juga sekalian nama kakek, tapi kalo gitu gw jadi mikir kalo gw ini adeknya bapak, bukan anaknya bapak. Gw juga sempet mikir kalo surename gw diambil dari 2 nama kakek gw, yaitu Husein dan Notoredjo, yang buat nama gw az-Zahra Husein-Notoredjo. Tapi, agak ga lazim aja karna yang bisa make nama ini cuma gw dan kakak gw.

Jadi gw yakinin untuk ngambil nama bapak; Yunus. Walaupun pertamanya kedengerannya aneh banget, tapi yaa lama-lama juga biasa. Setidaknya di Indonesia kaya gitu. Kalo ga ada nama marga, atau keluarga, atau suku, mereka pake nama bapaknya. Gw juga kurang setuju kalo gw mau pake binti di belakang nama gw, kayak az-Zahra binti Yunus. Mungkin boleh aja kalo gw orang Malaysia tapi kalo di Indonesia binti atau bin itu cuma dipahat di batu nisan. Jadi, belum saatnya lah. Makanya gw yakin nama terbaiknya adalah az-Zahra Yunus.

Kenapa gw ada pikiran buat ganti? Karna, selama 10 bulan gw tinggal di negeri orang, gw ngerasa pentingnya firstname dan surname. Orang bisa ditrack dari surname-nya dan orang sangat bangga dengan firstname-nya. Dan itu lah salah satu keteraturan di negara lain, Kawan.

Gw pernah bertanding dan gw ikut di rombongan satu keluarga dan ketika ada surname yang sama dengan mereka, mereka langsung aware; darimana keluarganya, mungkin juga ada hubungannya, yang mana orangnya, dll. Gw pun amazed, sebegitunya kah surname buat mereka. Mungkin iya. Tidak bagi gw karna gw dibesarkan di satu negara yang tidak begitu menganggap surname.

Gw juga pernah dikuliti habis-habisan sama beberapa temen di satu course yang terus nanyain; kenapa lo ga punya surname? Terus gimana orang tau kalo si x itu kakak lo, atau punya hubungan darah sama lo? Terus gimana semua toko, atau restoran atau penyedia jasa apapun ngetrack satu keluarga? Dan beberapa kebingungan-kebingungan lainnya.

Maka dari itu, tinggal tunggu kapan gw berani ngubah nama gw di Facebook. Jadi nanti nama gw bakal az-Zahra Yunus (Fatimah az-Zahra) dan gw akan minta kakak gw untuk ganti nama dia juga, paling ga di Facebook. Jadi nanti sibling gw juga berakhiran dengan nama yang sama. Hehe. Looks professional. Penting banget! =P

4 Comments:

Blogger Winy Rizki said...

Mbak, aku juga udah kepikiran hal ini dari beberapa hari yang lalu lho.
Buat naro nama Bapakku dibelakang namaku.
Eh tambah yakin aja pas baca postingan ini ;) hehehe
Syukron yaa..

January 8, 2010 at 5:43 PM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

Hoho Win, santay, aku juga blum tau kapan berani publishnya, tapi yang pasti sih ini udah kepikiran banget. Yaa, monggo kalo mau pake nama bapak =)

January 8, 2010 at 7:20 PM  
Anonymous sidicx said...

kalo gw malah kepikiran buat bikin surname sendiri nanti untuk keturunan gw...rencana jangka panjang, kalo untuk nama yg sekarang kayaknya dipertahankan seperti ini aja...

tapi idenya oke+penjelasan urgensinya oke...

January 8, 2010 at 7:32 PM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

thanks for that! iya sih, gw juga cuma bakal ngubah di dunia maya ini. buat seru-seruan gitu. ohiya? surname dibuat? nice!

January 8, 2010 at 10:14 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home