Saturday, January 2, 2010

Lebih lebih di 2010 - part I

Seperti tahun lalu, resolusi gw di 2010 tidak terlalu muluk-muluk, karna gw tau tahun ini akan cukup berat. Resolusi gw tidak seperti; lulus dengan GPA tinggi lalu langsung dapet kerja, tapi lebih ke; lulus dengan hasil baik dan semoga dapet kerja baik atau beasiswa. Banyak juga resolusi gw di tahun ini yang sama dari tahun-tahun sebelumnya. Standar banget sih, kaya, lebih dewasa, lebih shalehah, lebih bisa ikhlas, lebih bisa kerja keras, dkk. Tapi ya, dari dulu gw ga pernah naro kata pinter di belakang kata lebih. Gw ga ngerasa pinter itu bisa dilebihin, karna semuanya itu butuh proses.

Sama dengan lebih-lebih sebelumnya, gw juga pengen lebih sehat. You know lah, hidup gw 9 bulan di Brisbane bener-bener hidup yang sakit. Waktu dan komposisi makan ga teratur, olahraga hampir ga pernah, istirahat kacau yang ngakibatin pola hidup gw ga bener. Kawan, kalo kalian ngeliat gw di Jakarta dengan pipi yang sangat tembem, gw percaya banget 3 hal di atas adalah penyebabnya. Bukan karna; makan terus. Itu bener-bener hal yang berbeda dan terlihat amat sempit untuk nyatain bertambahnya berat satu orang.

Di Jakarta kemaren, gw baca buku karangan Hiromi Shinya tentang Miracle of Enzyme dan gw sangat percaya dia dan apa yang dia tulis di bukunya. Long story short, hidup seluruh manusia di bumi tergantung akan enzim pangkal. Seorang dapat dikatakan meninggal apabila enzim pangkalnya bener-bener habis. Jadi di tahun ini gw bakal nerapin beberapa cara kesehatan yang dia saranin di bukunya.

Yang akan gw lakuin ga muluk-muluk, seperti resolusi gw tadi. Gw cuma akan mengubah cara gw makan dan minum demi menghemat enzim pangkal gw. Karna, Kawan, gw adalah orang yang sangat peduli dengan kesehatan lambung dan gw yakin, hampir semua penyakit yang ada di dunia ini bermula dari lambung, physically. Mentally, dari hati. Nah, yang ini ga akan gw ceritain di sini tapi gw punya pengalaman dahsyat banget di awal tahun 2006 gimana perasaan bisa berpengaruh besar banget buat kesehatan gw. Mulai saat itu gw punya kesimpulan, kalo hati kita udah sakit, bisa ngebawa makan ga teratur, terus kita sakit. Dan itu satu hal yang selalu benar, at least, sampe detik ini di kamus gw.

Seperti yang kalian baca di atas, gw juga akan mengatur waktu minum gw. Lucu, eh? Pertamanya iya. Tapi sesaat gw ngelakuin hal ini, gw udah bisa ngerasain perubahan yang amat sangat besar, aaah ini yang buat gw makin percaya sama Hiromi Shinya. Hehe.

Gw mulai ngebiasain minum sebelum makan tapi bukan minum langsung makan, tapi kira-kira 30 menit sebelum makan. Terus abis itu gw akan makan buah, abis itu tunggu sekitar 15 menit baru gw makan besar. Minumnya air putih loh ya, bukan yang lain. Ini karna air putih cenderung mengencerkan darah yang ngebuat metabolisme kita berjalan lebih cepat. Beda kalo kita minum teh, kopi, atau yang lain. Karna reaksi kimia blablablabla, darah cenderung akan mengental yang akibatnya memperlambat metabolisme. Makan buah habis minum air putih juga punya pengaruh besar dalam metabolisme karna buah, sejatinya, memiliki kadar enzim yang lebih banyak ketimbang makanan yang akan kita makan. Jadi penyerapan kita masih bagus buat nyerap enzim itu sendiri.

Habis itu makan lah makanan kita kaya biasa. Jangan lupa buat ngunyah 30-50 kali untuk sekali suap dan Hiromi Shinya percaya juga kalo semakin kecil potongan makanan yang masuk, semakin bagus untuk penyerapan. Gw sih nangkepnya; asal ga kebanyakan sih fine-fine aja. Gitu. Mengunyah ini ternyata sangat penting karna dengan memperbaiki kunyahan, kita dapat menghemat enzim pangkal dalam lambung kita. Yang selama ini terjadi adalah kita sangat biasa untuk mengunyah di bawah 20 kali. Kalo gw sih biasanya 15 kali udah ditelen, hehe. Kalo ngunyahnya terlalu sedikit, makanan ga akan hancur oleh kunyahan kita, jadi lambung kita harus mengeluarkan enzim pangkal lebih banyak untuk mencernanya. Tapi kalo kita ngunyah sampe makanan lembut, enzim pangkal kita akan lebih dihemat. Hoho. Sangat gampang.

Ohiya, untuk waktu makan, gw juga akan mengusahakan lebih teratur lagi. Karna sistem pencernaan butuh waktu 4-5 jam untuk bener-bener nyerap makanan dan ada baiknya kalo ga ngebiarin perut kosong lebih dari 2 jam, gw berusaha makan setiap 6 jam sekali. Yaa, fleksibel dengan waktu pertama gw makan, haha. Kalo agak telat makan pagi-pagi, biasanya gw shift makan gw jadi 5 jam sekali atau 4.5 jam sekali.

Waktu makan ini berpengaruh juga sama waktu tidur gw karna kata Pak'e, waktu tidur sistem tubuh kita sangat jauh melambat jadi sangat tidak bagus kalo masih ada makanan yang tertinggal di sistem pencernaan. Buat orang yang punya cukup insulin, makanan sisa ini akan diubah menjadi lemak, dan buat orang yang ga punya cukup insulin, makanan ini bakal jadi kotoran stagnan a.k.a tinja. Jadi jangan heran kalo ada 2 manusia, sama-sama suka makan sebelum tidur, tapi yang satu gemuk banget yang satu kurus. Itu dasarnya dari gimana tubuh manusia bisa memproduksi enzim insulinnya.

Oleh karna itu, Kawan, gw selalu tidur minimal 4 jam dari gw makan terakhir dan gw pun juga berusaha buat ga minum tepat saat akan mau tidur. Kalo mau minum paling lambat 30 menit sebelum tidur karna air, dicerna kira-kira 30 menit. Maksudnya, diusahain pas kita tidur perut kita bener-bener kosong, ga ada kerja untuk nyerna ini itu lagi. Jadi ga ada gambling, aduh, insulin gw cukup nyernanya ga ya? Gitu kira-kira.

Kayaknya itu yang penting-penting tentang waktu makan. Kalo komposisi makanan beda lagi. Mungkin gw tulis di postingan setelah ini. Kepanjangan euy.

Selamat mencoba hidup sehat!

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home