Tuesday, June 23, 2009

Kegunaan Putih Telur

Kalian semua pasti sudah tahu yang namanya putih telur kan? Pengen deh nulis pake bahasa gini tapi takut ga konsisten, hehe.


Lo semua pasti pada tau putih telur kan ya? Itu loh yang warnanya putih, yang didalemnya ada kuningnya. Haha, ga menjelaskan. As far as I know, and CMIIW, an egg comprises egg yolk, albumen, shell membrane, and egg shell. That albumen is commonly known as white egg atau putih telur. Albumen itself consists of chalazae (a smooth thin layer that conjunct egg yolk), inner thin layer, solid and thick of white egg, and outer thin layer (conjunct with egg membrane shell).

Lalu, putih telur itu juga sangat berguna di dunia kuliner loh, mulai dari membuat sup, kue-kue, sampai pepe panggang (apa ini?). Khusus untuk kue, banyak buku yang memuat kegunaan putih telur, karena tekstur yang dihasilkan putih telur cukup unik dibanding dengan putih telur yang udah dicampur kuning telur, salah satunya ini.

Selain untuk bidang kuliner, putih telur juga bisa berguna untuk menghilangkan bekas luka di badan. Caranya gampang banget. Tinggal usapin putih telur terus menerus di tempat bekas luka sebelum tidur. Nah untuk yang satu ini gw blum coba, tapi sumbernya bilang gitu.

Hebatnya, bangsa Mesir Kuno memakai putih telur untuk merekatkan gold leaf dan putih telur juga dipercaya oleh penduduk asli suku Indian Amerika Utara untuk perekat dalam membangun canoes. Dan gw juga pernah denger, di salah satu acara National Geographic, bahwasanya telur itu salah satu bahan yang digunakan buat membangun Pyramid, yaa karna jaman dulu belum ada semen kali ya.

Intinya, kelebihan putih telur yang kurang terlihat selama ini adalah sifatnya yang sangat-sangat-sangat merekatkan karena ia akan tahan air apabila kering. Sekarang masalahnya adalah, bagaimana jika ada telur yang merekat di kulkas Anda? Telur itu merekat karena diyakini sempat pecah dan putih telurnya merekat di dasar kulkas. Sperti ini;


atau kalo kurang melihat putihnya bisa melihat gambar yang ini;


Yaa tau kan sekarang masalah gw di mana? Itu udah lebih dari 2 bulan abis telur itu sendirian merekat. Yak, sendirian! Sekarang, persoalannya lagi, kita harus bisa ngangkat telur itu sebelum kita pindahan, 17 Juli, kalo ga uang jaminan kita yang ditaro di agen, bakal kepotong. Huhu. Dan telur itu bakal jadi telur termahal yang pernah ada.

Doakan ya semoga telurnya bisa lepas dari kulkas. HOSH!

Labels: , ,

4 Comments:

Blogger Danar Sadewo said...

HAHAHAHAHA DODOL.....

June 25, 2009 at 6:39 AM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

Yee, lo jangan ngetawain doank, Nar. Bantuin ngeluarin telornya ngapa, huhu.

June 25, 2009 at 3:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

Ganti aja kulkasnya XD
jadinya uang jaminan ga kepotong.... WKWKWKWKW.....



~coba dikasih minyak goreng. tp jgn yg dari lemak babi, karena haram :P.

July 1, 2009 at 10:56 PM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

Jaaa, kalo ngeganti kulkas yang mirip gitu bisa-bisa ga kuliah semester depan. Hehe. Oh minyak goreng ya? Aku coba deh, Mas.

July 1, 2009 at 11:46 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home