Wednesday, June 3, 2009

14 Hari yang Sangat Melelahkan (part II)

Harusnya judulnya bukan itu lagi sih, karena udah lewat dari 14 hari, tapi gapapa lah, udah ada part I-nya gitu.


Dua hari setelah hari ke empatbelas itu, gw mencoba menelpon AGL (Agen Gas and Listrik) lagi. Ngomong-ngomong, empatbelas hari itu sama aja kayak 10 business days, jadi kalo mau komplain udah enak deh, secara udah sepuluh hari kerja tapi gas blum nyala-nyala juga.

Langkah pertama
Langsung gw telpon ke customer servicenya di line, misal, 130xxx dan I straightly said that I had a problem in installing gas in my home. It's been more than 15 weeks since I registered and had an account in AGL, but we still don't have gas. Baru pertama kali, sejak gw sampe di Australia, gw denger mbak-mbak customer service yang budi (budek dikit - red), haha, tapi lucu juga sih. Rasa kekeselan akibat ga ada gas 16 hari agak luluh. Si mbak ini baik loh walaupun budi, dia sabar banget ngedengerin cerita gw gimana ceritanya pas tiba-tiba kompor mati, pas gw berusaha buat ngecek ke sana - sini, yaa gitu deh. Tapi, yang bisa ia bantu adalah menyuruh gw untuk telepon line yang berbeda, anggap saja 130yyy. Dan gw langsung menelpon ke line itu.

Langkah kedua
Gw menelpon 130yyy dan yang menjawab mesin penjawab telepon. Ternyata 130yyy itu adalah layanan emergency. Penelpon diharuskan menyebutkan kata kunci, either emergency atau satu-lagi-yang-gw-kurang-denger. Hahaha. Ini kocak banget dah. Karena gw ketularan budi (ups), akhirnya ya gw sebut apa yang gw denger. Teriak lah gw: EMERGENCY. Ga lama, ada mesin lagi yang jawab, karena gw kurang begitu denger (aduh budi lagi), gw diem aja. Terus mesinnya nanya lagi pake batuk dikit. Saat itu juga gw sadar itu bukan mesin, tapi ibu-ibu yang suaranya rapi banget kayak di orang yang ngisi suara CD CD IELTS. Abis gw ngejelasin apa yang gw alamin, si ibu-ibu itu cuma bilang, kamu salah line, harusnya kamu bukan nyebut emergency, tapi yang satu-lagi-yang-gw-kurang-denger.

Langkah ketiga
Lagi-lagi gw menelpon 130yyy tapi dengan kata kunci yang berbeda. Gw nyoba dengerin dengan seksama, either gw disuruh ngomong emergency atau apalah itu. Tapi karena keterbatasan pendengaran saudara-saudara, gw lagi-lagi ga nangkep kata kunci itu. Nah, di kesempatan kedua ini gw berusaha mirip-miripin dengan satu-lagi-yang-gw-kurang-denger tapi mesinnya bilang yang kira-kira, "Maaf, kalimat yang Anda bilang ga ada di daftar, silahkan coba kembali". Dan di saat ini gw mikir, kok emergency kayak gini ya, kalo ada yang lebih emergency dari gw gimana ya? Dengan udah ketularan budi sedikit.

Tapi Allah memang baik, kata kunci yang gw sebutin akhirnya berhasil dideteksi oleh mesin penerima telepon yang akhirnya gw disambungin ke line nomor dua. Dan yah, kali ini gw yakin kalo yang ngangkat bukan mesin, tapi orang. Setelah gw ngejelasin apa masalah gw, ternyata line tersebut bukan jawabannya. Gw disuruh telpon lagi ke salah satu nomor customer service. Wow. Gw buru-buru buka notepad dan nyatet. Ga lama kemudian gw ngeliat nomornya: 13 0x xx!
WHAT?

Langkah selanjutnya
Gw ga abis pikir, sejak kapan gw suka sama yang namanya rekursif. Yaa apa mau dikata. Gw harus dengan senang hati telpon 130xxx. Dan gw janji kalo ini bener-bener yang terakhir kalinya di hari itu. Setelah melakukan apa yang harus dilakukan, akhirnya mereka bilang kalo mereka mau ngirim orang ke rumah malem itu juga. Kasus kayak gini agak aneh untuk terjadi. Karena sebenernya dari pusatnya udah dinyalain tapi kenapa bisa ga sampe ke properti yang dituju.

Penungguan itu pun berakhir
Ga lama setelah telepon nomor cantik 130xxx, akhirnya gw ditelpon oleh teknisi lapangan tersebut. Yang buat aneh, nomornya private! Entah diset private atau dia bukan di deket-deket sini. Hiii. Kita ngobrol-ngobrol sebentar, tentang masalah yang terjadi (kalo diitung-itung, hari itu aja gw udah cerita tentang masalah yang ada di rumah gw ke 5 orang yang berbeda, fiuh) dan beberapa hal teknis, setelah itu telpon pun ditutup, gw nunggu kedatangan orang itu.

Rasa-rasanya blum setengah jam dari terakhir dia telpon, si teknisi tadi telepon lagi dan bilang kalo dia udah nelpon penyedia gas rumah kita dan ternyata masalahnya bukan dalam lingkupnya dia. Dia juga bilang kalo itu lebih ke masalah administrasi, bukan masalah lapangan kayak yang dia tau sebelumnya, jadi maaf-maaf, "Saya ga bisa bantu Anda kali ini," katanya.

Dan akhirnya pun jelas sekali untuk hari itu. Tidak ada gas sampai hari ke enambelas dan gw pun ga bakal nunggu teknisinya dateng lagi.


to be continued...

Labels: ,

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Wah.., canggih* abis kalau mau ngebenerin gas dkk di ausi. Telponnya pake voice recognition lagi. Jadi ngingetin dg kulia JST :D.

Alasan2 penolakannya sama ya..., 'Oh, itu bukan bagian saya' :D. Kamu ga tanya si Om2 teknisinya harusnya kaya gmn ato menghubungi siapa?


*canggih artinya rumit aka ribet.

June 8, 2009 at 1:45 AM  
Blogger Fatimah Az Zahra said...

Yaa di line yang emergency itu pake voice recognition, sisanya orang beneran kok, hehe.

Wah sebenernya ga seribet itu kalo masalahnya jelas, mas. Lagian ini juga ada sebagian dari salah kita. Kalo ditanya Om2 teknisinya, dia bilang hubungi saja 130xxx, hahaha. Sama aja. Paling kita mau ke agennya nih.

Doakan kami yaa!

June 9, 2009 at 9:41 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home