Friday, October 3, 2008

The Kite Runner -- Si Pengejar Tewang

Kisah yang sangat kuat... tidak ada yang sia-sia, tidak ada omong kosong, semuanya disajikan dengan keras dan apa adanya... tentang keluarga dan persahabatan, pengkhianatan, dan penebusan dosa. Tidak perlu berpikir panjang untuk menikmati buku ini. Beberapa bagian dari The Kita Runner memang membawa kepedihan, tetapi keseluruhan buku ini ditulis dengan indah.

-- The Washington Post Book World

Buku yang menakjubkan dan penuh kekuatan

-- Diane Sawyer, ABC News' Journalist

Novel pertama yang luar biasa... mengisahkan tentang persahabatan dua anak lelaki di Afghanistan dan kebudayaan yang memikat. Novel ini menghadirkan pesona buku masa lalu yang dengan mudah akan menghanyutkan Anda.

-- San Fransisco Chronicle

Buku yang membuat irama tersendiri bagi jantung Anda. Terkadang cepat, sesaat lambat. Untuk beberapa potongan bagian Anda akan mendapati jantung Anda berhenti.

-- Fatimah Az Zahra, Fasilkom UI 2006DKI Jaya

Aah, pengen banget nama gw bertengger di buku. Bukan nama sih sebenernya, karna gw sadar banget ada ribuan bahkan jutaan -kalo mau diitung dari adanya manusia di muka bumi ini- orang yang namanya sama dengan putri rasul itu, tapi pendapat yang bener-bener dari gw. Lagian kalo mau dicari, yang namanya Fatimah Az Zahra di tim DKI cuma seorang deh, hehe.

Ini saat di mana gw kagum n tergila-gila terhadap penulis n tulisannya. Lagi! Setelah terakhir gw sangat mengagung-agungkan Bang Andrea Hirata dari Pulau Belitong yang menulis Edensor sebagai buku terakhir yang diterbitin. If I'm Not Mistaken. Dan itu terjadi di akhir taun lalu. Waktu itu, selama beberapa minggu gw bolak-balik ngecek email. Apa dia bales komen gw di blog sastrabelitong.multiply.com, apa dia ngasih info terbaru tentang kunjungan dia ke mana, atau apa lah. Gw pengen jadi sekumpulan orang pertama yang tau tentang aktivitas dia sesaat setelah gw baca buku-buku itu. Dasar Zahra.

Humm, masa udah terlalu lama jalan dari saat gw bener-bener kecanduan novel, puisi, cerita pendek, cerita rakyat, cerita beberapa babak, dan sastra-sastra yang agak ga lazim dibaca anak seumuran gw. Yang ngebuat gw sampe ngubek-ngubek isi perpustakaan SMP tempat gw belajar. Saat itu gw sadar banget kalo ini semua doktrin dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia gw, Pak Charles Syarifudin. Ada huruf y ga ya di tengah namanya? Lupa. Tapi gw ga yakin kalo dia sadar telah berhasil menyihir murid-muridnya, salah satunya gw.

Tapi masa itu udah lama banget. Kapan ya terakhir gw ke toko buku atau perpustakaan buat nyari buku sejenis itu untuk dibaca? Mungkin 2 SMA. Lebih dari 3 taun yang lalu. Dan buku The Kite Runner itu sebenernya udah mendebu, terdebukan, didebui di atas lemari buku gw. Gw aja sampe lupa ada buku itu di kamar. Bahkan gw lupa, apa gw bener-bener beli buku itu. Hehe.

Pesan moralnya? Bacalah! Hehe. Walaupun orang sepulau jawa bakal teriak balik, gw udah baca, woi!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home