Wednesday, October 1, 2008

Cerita Lebaran buat Hasan

Sepi banget kemaren, San! Tapi mendingan sih daripada di sana, wee! Ciyee yang tiga kali lebaran di sana. Tiga kali lebaran juga aku ngejelasin ke sodara-sodara tentang kuliah kamu, kapan kamu pulang, tentang kuliahku juga.

Yah, kaya biasa, kita ngumpul kalo ga di rumah Bude Soem ya di rumah Bude Toeg. Kemaren di rumah Bude Toeg. Absen dulu deh, barang kali kamu lupa orang-orangnya.

Family treenya nyusul yak :D

Mulai dari generasi teratas ya, hehe. Mbah sendiri ga mau ikut. Maklum udah agak tua, agak mau dimanja sekarang, maunya didatengin. Kamu pasti tau lah ada dua gambar pohon di situ. Buat yang atas udah ada generasi ke empat, San! Jangan mau kalah, hehe.

Oke, Bude Soem ada. Bude dateng jauh sebelum aku sama ibu dateng. Tapi, as usual, Mas Wawan ga dateng. Berarti anak-anaknya ga dateng juga yah. Mas Ari dateng bareng istri + anaknya yang aku lupa namanya. Mas ari datengnya pas aku udah mau pulang. Mungkin sekitar jam 8 kali ya? Istrinya buat es buah. Es buahnya bukan yang kaya kita makan di rumah. Hehe. Isinya potongan apel, anggur, stroberi, leci, nata de coco, apa lagi ya? Udah kayaknya. Seger banget lagi. Sayangnya datengnya pas udah mau pulang ya. Mbak Dira selalu deh bawa puding. Kemaren Mbak Dira bawa puding karamel + puding susu coklat. Pas aku mau nyobain pudingnya, Della nimpalin, Mbak Zahra udah pernah makan ini kan? Yah, anak itu berubah cepet banget. Perasaan baru berapa waktu yang lalu dia suka leluncatan ke sana ke sini, nanyain hobi aku, pacar aku, lagu-lagu yang suka aku nyanyiin, di diarynya yang wow banget deh. Penanya juga ada bulu-bulunya. Barang-barang yang belum pernah aku punya, San. Tapi sekarang dia udah duduk anteng di sebelahku n ngejawab semua pertanyaanku dengan kata-kata pendek. Kaya udah lebih tua dari kamu deh. Dek Rio sempet-sempetnya ngambek minta dibeliin mainan gara-gara dikatain Mbak Dira anak singkong. Haha. Lucu banget deh. Makin mirip Mas Budi tuh anak. Manalagi sempet malu-malu lagi pas dibagiin amplop. Oiya, ngomong-ngomong aku anak tertua yang belum kerja loh di sini. Secara kamu masih di sana. Jadi agak gimanaa gitu pas masih dapet amplop. Fufu.

Ke keluarga Bude Toeg. Yang pasti ada semua lah yaa. Komplit. Namanya juga tuan rumah. Bude masih sama kaya dulu, tapi udah keliatan lebih tua aja. Ya iya lah yaa. Rambut putih di Pakde makin banyak aja. Jalannya juga masih sempoyongan bekas stroke dulu. Tapi orangnya masih ceria. Suka bagi-bagi cerita. Suka ngeledekin aku. Tau kan kaya gimana? Ya gitu deh. Mbak Etik sekarang perutnya gede banget. Kata dokter, bayinya InsyaAllah dilahirin sekitar tanggal 12 bulan ini. Ga sampe 2 bulan lagi kok. Waduh, keponakan kita makin banyak aja ya. Tinggal nunggu Mas Budi, kamu, haaa. Ohiya, udah tau belum Mas Budi udah kerja di Bank Mandiri? Beberapa waktu yang lalu baru pindah dari Telkomsel. Kerjanya nanganin cash-flow di bagian apaa gitu. Pura-pura ngerti aja sih pas ngedengerinnya. Hehe. (Mbak) Nurul sekarang udah tinggi banget loh. Seaku gitu deh. Masih kelas 1 SMA. Dagunya panjang, ga mirip siapa-siapa. Tapi cantik. Dia sekarang sekolah di SMK Akuntansi. Kalo kamu tau aku juga kepikiran kenapa ga dulu masuk SMK aja ya. Biar skillnya lebih keasah dari kecil.

Bapak ga dateng. Ada khataman di masjid n yang pastinya bapak ga mau ninggalin. Jadi aku berangkat bareng ibu jam setengah enam. Kita buka di jalan deket rumahnya bude. Ibu masih harus siap-siap buat pulang kampung jadi kita di sana ga lama-lama. Abis bagi-bagi amplop, terus pulang deh.

Sekarang, Oom Jumari dateng sama istri + 3 anaknya. Lengkap! Biasanya kan ada yang ditinggalin. Badannya gitu-gitu aja, kumisnya juga. Tapi kerutan matanya mulai keliatan dalem. Jawanya masih medok. Istrinya ga jauh beda. Mbak Rini itu mungkin jauh lebih gede dari waktu kamu terakhir dulu. Karna ga ada aktifitas kali ya. Maklum ibu-ibu. Nah, si Lia keliatan udah gede deh, maksud aku: dewasa! Sekarang dia kelas 1 SMA di SMAN 5 Karawang n pengen banget masuk IPA. Enak banget diajak ngobrol, dari cerita sekolah gratis pas SMP, pulsa IM3-nya yang ga abis-abis, sampe ngomongin caleg-caleg. Udah lama banget ga ketemu Lia. Adeknya Indah n Ridho kemaren banyakan guling-gulingan di depan TV. Indah kelas 5, Ridho aku lupa. Huhu. Mereka berdua agak banyak main sama tetangganya Bude kemaren.

Oom Iyo n Oom Iyin ga dateng. Oom Iyo ga dateng karna Mbak Sri, Fikha, n Rani lagi di rumah eyang putrinya di Bogor. Kalo Oom Iyin pulang kampung dari H-berapa ya? Lupaaa.

Pokoknya biarpun awal dari 1 syawal kemaren ga serame biasanya, aku masih seneng punya keluarga kaya mereka. Aku ngeh banget kalo taun depan dan mungkin taun depannya lagi ga bakal Ramadhan di sini. Huaa. Kamu juga kan? Hehe.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home