Friday, August 15, 2008

Surat untuk Kakakku Tercinta

Hasan, aku udah hampir selesai ngurusin wisuda kamu nih. Lumayan. Itung-itung pengalaman. Tapi nanti gantian ya. Ga mau tau kamu ada di mana dan aku ada di mana pokoknya nanti gantian.

Kalo kuinget-inget aku udah ngelakuin hal-hal ini:
  • Abis ngeliat tulisan ini, aku mulai ambil formulir ke sekre. Formnya agak banyak. Ada semacem "readme" di depannya, judul SP -if im not mistaken-, ijazah tiruan (buat nulis nama n TTL), n yang pasti: biodata. Dari "readme"-nya itu ditulis suruh ngumpulin foto 6x6 2 lembar sama surat bebas pinjaman pustaka (apa perpustakaan ya?), baik yang di fakultas mapun pusat.
  • Karna ada beberapa field yang aku ga tau, jadinya aku ke Bu Dina. Paling nanya tentang PA, IPK, dan beberapa hal lainnya yang aku ga tau tapi bisa ditanya.
  • Terus, buat surat bebas pinjaman pustaka, aku sempet dimarain sama ibu ini, gara-gara minta formnya di sekre. Agak sempet panas juga sih dengernya. Tapi yasudah lah. Emang biasanya juga gitu kok.
  • Terus aku ke perpus fasilkom buat ambil formnya. Tapi ga langsung diisi hehe. Aku justru ke perpus pusat dulu, biar ngisinya bareng, terus minta tanda-tangannya bareng. Tapi waktu di perpus pusat tuh ya, ibu-ibunya ga yakin banget sama aku. Sampe nyuruh aku buat telpon kamu dulu. Cuma buat nanyain NPM, hehe.
  • Abis 2 form itu diisi, aku minta tandatangan kepala perpus fasilkom. Dan sesampenya di perpus, aku ditanya surat lulus apa surat bukti kelulusan gitu. Aku bilang, "Mbak Mika course-based." Tapi tetep aja diminta surat itu. Fuih.
  • Saat itu juga aku ke sekre buat minta suratnya. Tapi untungnya sampe di sekre aku langsung disuruh ke perpus lagi buat langsung minta tantdatangan kepala perpus pusat fasilkom. Jadi ceritanya dapet free pass gitu. Hoho.
  • Sesampenya di bawah langsung ditandatangan n dicap.
  • Pas diatas, aku yang emang belum bawa foto, langsung naro tuh formulir + 2 surat bebas pinjaman itu. Heheheh.
Nah, itu yang di sekretariat Fasilkom, tapi belum selesai sih. Hehe. Terus, aku ngelanjutin buat yang ngurus di rektorat.
  • Aku clingak-clinguk langsung masuk ke tempat balikin formulir di Gedung PPMT (if im not mistaken), sampe sana: dikasih formulir. Hahaha. Gara-gara ga baca ini dulu.
  • Di selang aku ga ngampus, aku nyempetin buat ngeprint foto yang udah kamu kasih.
  • Plus mastiin pinjeman jubah toga.
  • Terus pas udah di kampus lagi, aku isi formulirnya -gampil sih-, nempelin foto yang udah sempet aku print n minta tandatangan kepala sekretariatnya.
  • Sempet kelupaan yang satu ini: bayar ke sekretariat Fasilkom. Hoho. Pego kan? Bener kan ga pake jubah toga?
  • Abis itu aku balikin ke Gedung PPMT sekaligus bayar 300.000-nya ga boleh kurang kata Mbak Ika. 300.000 itu udah dapet 2 udangan sama ply pembayaran buat dituker sama buku wisuda.
Urusan di rektorat selesai dah, sekarang tinggal ngurusin panitia wisuda yang masih unyil-unyil. Eh, wait a minute. AKU LUPA NGASIH FOTO KAMU KE SEKRE FASILKOM. Dasar pikun. Siapa sih kakaknya?

Waktu buka wisudagenap0708.wordpress.com, ternyata alangkah lebih baik kalo kamu yang ngisi. Hehe. Jadi tugasku berkurang. Cihuy!
  • Yaah, sesampenya di sekre aku langsung ngasih foto 6x6 hitam-putih 2 lembar kamu yang ini. Tapi malah ditolak mentah-mentah. Tapi iya juga sih ya, masa foto buat ijazah kayak gitu sih. Walhasil, aku dimarain lagi sama ibu itu. Hahaha. Tapi yang ini rada lucu aja karna si ibunya juga ketawa-ketawa.
  • Terus ibu-ibunya juga pesen kalo kamu mau wisuda, suruh dateng dulu ke sekre. Gitu.
Okay, kayaknya gitu aja. Dari daftar ceklis yang belum tinggal bayar 400.000 buat wisuda fakultas, sama foto kamu! 400.000 mau kutransfer abis tes besok, kalo foto yaa sadar-sadarnya kamu aja buat ngasih lagi. Masa nyuruh ngeprint ini,




sama cadangan ini.


Gimana aku ga dimarain sama ibu n ibu-ibu sekre?

Zahra: Are you nuts?
Mika: No, I don't like nut, especially coconut.

~Thanks to Hasan yang sudi membayar Paman Rab n Tante Ika untuk memonitor aku selama ngurus wisuda.

Labels: , ,