Tuesday, August 12, 2008

Perbandingan Peran Anak Kecil dalam Shalat

Beberapa hari yang lalu gw mengalami kejadian yang cukup menarik di Mesjid UI sekitar waktu maghrib. Ceritanya sedikit banyak ngelibatin anak kecil nih. Juga banyak ngelibatin kekhusyukan gw dalam shalat. Hehe.

Waktu itu kalo ga salah masih rakaat pertama. Baris pertama di sisi akhwat udah hampir penuh. Gw bediri di suatu tempat agak ke kanan dari barisan paling pertama itu. Waktu imam masih baca salah satu ayat-ayat suci Qur'an (di luar Al-Fatihah), ada seorang ibu dan anaknya yang masih kecil dateng kira-kira di belakang gw. Si anak langsung lompat dan masuk ke shaf pertama, tepatnya di sebelah gw. Pastinya, tuh anak nyenggol kaki gw. Aduh. Mulai ga konsen dah. Manalagi ada perdebatan kecil antara dia dan ibunya, yang buat gw makin jelas denger suara ibunya ketimbang suara imam. Si ibu udah nyoba ngerayu kaya bilang,

"Nak, jangan di situ. Gak boleh bandel akh. Ibu mau shalat, kamu di sini aja"

tapi, si anak tetep ga mau. Dia lebih asik berdiri di depan ibu-ibu yang shalat di sebelah kiri gw. Dan itu tuh ya, pas si ibu narik tangan anaknya yang lagi ada di shaf terdepan, si anak malah tambah jejeritan. Walaupun di belakang, tapi suara teriakannya kenceng abis. Dan proses penarikannya itu juga mengakibatkan gesekan yang lumayan dengan gw. Jadi, menurut gw, hati si ibu luluh juga untuk 'merelakan' anaknya ke shaf depan -daripada makin ribut di belakang- selain si ibu emang juga pengen shalat jadi ga bisa terus-terusan megangin si anak.

Abis si anak balik ke shaf gw harap-harap cemas. Cemas kalo pas ruku' atau sujud, dia bakal ngalangin gw. Tapi syukur alhamdulillah hal itu ga terjadi karena dia berdiri pas di depan ibu-ibu di sebelah kiri gw. Kebayang kan gimana ibu-ibu di sebelah gw? Gak deng. Untungnya si anak berdiri agak ke depan jadi masih ada spasi buat ibu-ibu di sebelah kiri gw buat ruku' dan sujud. Secara ya, si anak palingan masih umur 2 atau 3 taun jadi ga terlalu makan tempat.

Rakaat pertama udah lewat. Si anak ga banyak gerak. Paling ke kiri dikit atau ke kanan dikit. Tapi yang pasti sampe rakaat ke tiga si anak masih di shaf terdepan. Gw ngerasa bener-bener dicoba. Dahsyat banget. Kepikiran terus. Apa karna si anak yang emang posisinya cukup deket sama gw ya? Gw jadi kepikiran kalo si anak bakal nginjek kepala gw apa ga (yaa, secara dari posisi gw sujud, jarak hidung gw dan jari kelingking dia ga sampe 2 hasta), kalo dia jatoh gimana, dan yang pasti, kehadirannya sudah cukup mengganggu. Yaah, namanya juga anak-anak.

Tapi alhamdulillah wa syukurillah, sampe selesai shalat semuanya baik-baik aja.

Pengalaman ini menurut gw menarik banget. Cerita barusan ngingetin gw sama gw sendiri waktu kecil. Menurut ingetan gw, pas gw masih seumuran tuh anak, kalo di mesjid-mesjid atau tempat umum, gw pasti anteeng banget. Malahan ikut shalat. Ga kaya anak itu yang pasti. Hehe. Tapi kalo di rumah, setelah gw inget lebih jauh lagi, gw suka gelayutan di punggungnya bapak n ibu. Masya Allah!

Yaah, namanya juga anak-anak.

Labels: ,